Minggu, 15 Juli 2012

Kecap :3

hari ini... tanggal 15 Juli 2012
dan sesuai janji, gue akan ngepost hari ini ;;)

jadi, kali ini gue mau ngebahas tentang cairan kental yang ajaib!


(sumber gambar: http://kreasikedelai.blogspot.com)
 siapa yang gak kenal sama cairan yang satu ini?

kalo ada yang belom kenal, gue kasih waktu semenit untuk kenalan sama kecap


 
menurut Wikipedia :
Kecap adalah bumbu dapur atau penyedap makanan yang berupa cairan berwarna hitam yang rasanya manis atau asin. Bahan dasar pembuatan kecap umumnya adalah kedelai atau kedelai hitam.Namun adapula kecap yang dibuat dari bahan dasar air kelapa yang umumnya berasa asin. Kecap manis biasanya kental dan terbuat dari kedelai, sementara kecap asin lebih cair dan terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut. Selain berbahan dasar kedelai atau kedelai hitam bahkan air kelapa, kecap juga dapat dibuat dari ampas padat dari pembuatan tahu.
 
kalo udah kenal, langsung saja kita mulai pencurcolan ini!




akhir akhir ini gue sebagai (orang yang masih) keturunan Jawa, merasa tersinggung. <- biasa aja sih sebenernya, biar dramatis

nyokap gue (yang bukan keturunan Jawa) bersama temen-temen SD nya pernah ngomongin tentang kebiasaan orang Jawa yang makan sukanya pake kecap(manis). apa apa pake kecap. "makan kerupuk, pake kecap. makan sate, pake kecap ; makan mie, pake kecap ; makan bakso pake kecap ; makan nasi goreng, pake kecap ; dan jangan jangan kalo nggak ada lauk, mereka bisa makan nasi pake kecap *tok* "

itu kata mereka.. tentu gue agak merasa gimana gitu dong, soalnya gue juga suka banget sama makan kecap. sejak saat itu gue baru tau kalo ternyata yang suka kecap (banget) kebanyakan wong Jowo .


emang sih, keliatan banget dari keluarga gue.
Di sisi keluarga bokap (yang notabene wong Jowo) makannya kecap manis. Di rumah pasti ada kecap manis. Apapun pake kecap, dan kayak memiliki ketergantungan gitu sama kecap.
Di sisi keluarga nyokap (yang bukan wong Jowo) nggak gitu suka sama kecap manis. Mereka lebih suka memakai kecap Asin ataupun kecap ikan.


Pernah ada kejadian, gue kan nggak gitu suka kecap asin.Waktu umur sekitar 7 tahunan gue nginep di rumah sodara yang ada di Pontianak. Tanpa nyokap dan bokap (jadi kalo dikasi makan ya nurut aja) 

Nah di suatu pagi yang cerah, mereka ngajak gue sarapan nasi sama telor mata sapi. Gue yang suka telor tertarik dan langsung bahagia dong! (namanya juga anak anak) nah, pas telornya udah jadi, semuanya langsung disiremin kecap asin *dikiiiit* Gue kan nggak tau itu kecap asin, gue kira kecap manis. jadi,yaa.. diem diem aja. Pas dimakan.................. RASANYA CAMPUR ADUK! entah emang karna gue gak cocok sama kecap asin, atau kebanyakan kecap asin, atau telor mata sapi setengah mateng kalo ketemu kecap asin itu rasanya aneh, atau emang lidah gue yang aneh... gue gatau. pas gue tanya, ada kecap manis ngga (buat nutupin rasanya), mereka malah bingung karna jarang pake kecap manis dan mereka nggak punya kecap manis.

gue bukan tipe orang yang nolak makanan, dan frontal atau kelewat jujur. jadi gue sebagai tamu yang baik yaa, pas ditanyain enak , ya gue jawab enak. trus gue abisin, walaupun sebenernya gue gasuka bangett :S


nggak punya kecap manis di rumah menurut gue itu salah besar. karna selain enak, sebenernya kecap manis itu banyak banget manfaatnya loh! ini beberapa manfaat kecap manis yang gue tau:

  • sebagai pemanis dan penyedap rasa. Oke, untuk yang satu ini pasti udah banyak yang tau. karna emang itu kegunaan kecap yang sering kita rasakan manfaatnya,
 
  • sebagai obat batuk. Gue juga gatau apa hubungannya kecap sama obat batuk, tapi biasanya gue suka tuh disuruh minum jeruk nipis + kecap, dan (kalo rutin) bisa sembuh! (gue udah coba ngecek di gugel dan ternyata emang bener ada khasiatnya , so this is not HOAX :) bisa dicek langsung disini )

  • Dapat menurunkan kolestrol. Kandungan isoflavon dan antosianin dari kulit kedelai hitam dapat memperbaiki profil lipid, dengan cara menurunkan kolesterol, trigliserida dan juga mengurangi tekanan darah. (sumber : http://www.alhadidyunus.com )

 nah itu beberapa manfaat kecap yang gue tau, mungkin dan sepertinya masih banyak lagi manfaat manfaat kecap yang belom gue tulis,

dan untuk yang belom tertulis disini, boleh ya bagi bagi infonya tentang manfaat kecap? :D
sekian untuk post hari ini! sangat nggak jelas , nggak singkat dan nggak padat!
*kecappipi* Kissing *ehitukecup*

(sumber emote: http://www.sherv.net )

17 komentar:

hadhara rizka mengatakan...

Hahhaahha :D
Dulu ya saya suka sama kecap asin.. sekarang dah kurng..
kalo kecap manis gak aja deh ... kecuali untuk makan bakso and pangsit..

Good Post Chila :
Ditunggu Posting Selanjutnya :D

Euginiapollonianchilialexandra mengatakan...

hohoho sekarang sih gue suka suka aja sama kecap asin, tapi dalam kadar yang wajar pastinya... thankyou Kak Hadhara :)

Edotz Herjunot mengatakan...

hahahah....
dari seonggok kecap bisa jadi postingan yang unyu-unyu ..^0^
gue juga suka kecap kok, tapi kalo makannya cuma kecap doang gue gak suka..
happiiih beloggiing yaaak :D

Euginiapollonianchilialexandra mengatakan...

dari setetes kecap, telah melewati proses yang cukup panjang *korban iklan*

iyalah, gue juga gak semaniak itu kalii sama Kecap =.="

hepi bloging juga kakak:)

Claude C Kenni mengatakan...

Ntar ke Cina ga boleh lupa bawa yg satu ini...di sana ga ada kecap manis, cuma ada kecap asin...*catet*

Euginiapollonianchilialexandra mengatakan...

*panik* kyaaaa!! kyaaaa! eits tunggu, tapi kapan gue ke Cina ya-_- bahasanya aja kaga ngerti. hahaha okedeh kayaknya emang Kecap manis kurang terkenal di negara lain...

Nabila Ika Ramadhani mengatakan...

huaa, kecapp :9
gue orang Jawa, tapi sukanya sama yang pedes-pedes, hehe *besar di Sumatra*

lucu postingannya Anchi :3

Euginiapollonianchilialexandra mengatakan...

gue juga suka pedes, Nabilaa! hohohoh makasih yaa :3 kamu juga lucu *awch*

zhu sakura mengatakan...

kalo aku jujur aja gak suka kecap....kecuali untuk bakso:) kalo saos eye suka banget....

Euginiapollonianchilialexandra mengatakan...

hehehe iyaa, gue juga suka nambahin kecap buat makan bakso :) hidup saos!

Outbound di Malang mengatakan...

nice post :)
ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

stickman bin solihin mengatakan...

kecap?
mantap!
he he, kunjungi balik ya :
http://kubukakubaca.blogspot.com/

Ocha Rhoshandha mengatakan...

iyaa... di cina nggak ada yang namanya kecap manis, disana cuma ada kecap asin...
dan orang jawa mengobrak-abrik kecap asin menjadi kecap manis, wajar aja kan kalo orang jawa manis-manis? hehe

Euginiapollonianchilialexandra mengatakan...

@Ocha: wajar banget doong! *mentang mentang keturunan Jawa lu, Chi! *

Mass Maman mengatakan...

Eh tapi aku ngefans sama kecap koq.. aku suka banget makan pkek kecap entah makanan apapun itu.. yang penting ada kecap.. :D

Euginiapollonianchilialexandra mengatakan...

sama tuuh ;;) wah artinya apa yaa? #kode *eh

Muhamad iyan mengatakan...

Aku gak gitu suka sih sama kecap, entah kenapa enakan pedes. Tapi gak pedes banget juga. X')